Membuat Hal-hal Menyenangkan

Setelah Saya mengamati orang-orang brilian, semakin Saya tahu bahwa salah satu karakteristik yang membedakan mereka adalah rasa ingin tahu besar.

Mengapa Keingintahuan Itu Penting?

Membuat Hal-hal Menyenangkan

Ada alasan yang bisa Saya berikan:

Rasa Ingin Tahu memberi Anda Ide pemikiran baru. Kebanyakan orang hanya memiliki satu atau dua lensa untuk melihat masalah, namun orang "penasaran" melihat melalui lensa dan pandangan yang berbeda. Akibatnya, mereka dapat melihat sesuatu yang orang lain tidak bisa.

Cara untuk Mengembangkan Keingintahuan Berikut ini Saya rangkumkan untuk Anda:

Sekarang kita tahu bagaimana keingintahuan itu penting. Bagaimana kita bisa mengembangkannya? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

1. Jangan "CAP" sesuatu yang tidak Anda sukai sebagai hal membosankan. Ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan. Setiap kali Anda menganggap sesuatu Ini-Itu membosankan, cukup! Berhenti.

Jika Anda melakukan hal itu, sama saja Anda menutup satu lagi pintu kesempatan. Apa yang mungkin Anda rasa membosankan di awal sebenarnya bisa menarik jika Anda sedikit menggali lebih dalam.

2. Mengharapkan hal yang menyenangkan. Perubahan kecil dalam pola pikir Anda dapat membuat perubahan besar. Setelah Anda melakukannya, maka Anda akan lebih mudah untuk menemukan sisi menyenangkan dari apa pun.

3. Meniru semangat orang lain. Seringkali sesuatu tampak membosankan dikarenakan cara penyampaiannya kurang baik. Justru, salah satu cara untuk mengembangkan rasa ingin tahu Anda adalah dengan memperhatikan pembicaraan mereka dengan antusias. Jangan hanya menyerap pengetahuan mereka; ambil energi mereka juga.

4. Buat pertanyaan terus-terusan. Setiap kali Anda membahas suatu topik, pasti ada pertanyaan dalam pikiran Anda. Temukan jawaban dan tumbuhkan pertanyaan baru. Pertanyaan menjaga pikiran Anda ikut terlibat. Pertanyaan dapat mengubah proses belajar Anda dari sesuatu yang membosankan menjadi semangat luar biasa seperi berburu harta karun.

5. Buat tantangan. Dengan menciptakan tantangan, Anda akan ingin membuktikan kepada diri sendiri (dan mungkin kepada orang lain) bahwa Anda dapat melakukannya. Salah satu cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan menciptakan sebuah proyek: membangun sesuatu yang nyata dari apa yang Anda pelajari. Cara lain adalah dengan membuat kontes dengan teman-teman Anda untuk mengetahui siapa yang dapat melakukan sesuatu yang lebih cepat atau lebih baik. Ini agak sedikit "sombong" sih, tapi terbukti bekerja.

6. Menghubungkan dengan apa yang Anda ketahui. Hal akan lebih menarik jika Anda dapat menghubungkan apa yang Anda pelajari dengan apa yang Anda sudah tahu. Mengapa? Karena dengan cara ini akan meningkatkan pemahaman Anda mengenai dunia dan memungkinkan Anda untuk melihat kemungkinan-kemungkinan baru yang belum pernah Anda sadari sebelumnya. Menghindari kebosanan dan menemukan kemungkinan-kemungkinan baru dengan mengeksplorasi topik baru. Membaca buku genre baru. Temui orang-orang dengan profesi berbeda bisa Anda coba.

Membuat Hal-hal Menyenangkan

Intinya sebenarnya sederhana. Semua saran di atas dapat diringkas menjadi satu: membuat hal-hal menyenangkan.(o_O)
/*disini2*/
/*disini1*/
Membuat Hal-hal Menyenangkan
Rating:
4.5
Angga Bayu Prasetya - Mahasiswa
Jln.Merpati 86B Mancasan Lor, Sleman, Yogyakarta - 55283
Homepage:
Email: anggabayuprasetya@gmail.com
Graduate Students: AMIKOM
1 Comments
Comments
Tweets

1 comments:

Kombor mengatakan...

Mari kita buat hal apa pun menjadi menyenangkan. Asal jangan senang-senang di tempat yang sedang mengalami duka cita.

Posting Komentar

Fasilitas kotak komentar diperuntukan bagi Anda yang mau memberikan respon. Apapun komentar Anda akan sangat dihargai.

Angga Bayu Prasetya

 
Copyright © 2011-2012. ANGGABP - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Edited ANGGABP
Proudly powered by Blogger